Rabu, 16 Juni 2010

Ukuran Cetak Foto

Sebelum mencatak foto dengan printermu sendiri di rumah, ada beberapa hal yang harus dipahami menyangkut ukuran foto itu sendiri, ukuran kertas foto sebagai medianya, dan printer. Ketiga faktor ini harus sinkron agar hasil cetak sesuai dengan yang kita inginkan.

Ini daftar ukuran foto versi Siluet FD;

Ukuran --------------------- Ukuran Sebenarnya (cm)
2x3 -------------------------- 2,3 x 3
3x4 -------------------------- 3 x 4
4x6 -------------------------- 4,2 x 5, 7
2R --------------------------- 5,7 x 8,3
3R --------------------------- 8,5 x 12,5
4R --------------------------- 10 x 15
5R --------------------------- 12,5 x 17,5
6R --------------------------- 15 x 20
10R -------------------------- 20 x 25
10Rjumbo<<< ---------------25 x 30 (menggunakan kertas A3)

Lakukan cropping pada foto untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan. Caranya lihat di topik ini. Ukuran kertas foto (glossy photo paper) yang dipakai dengan printer A4 adalah 21 x 29,7 cm. Ini berarti kita hanya bisa mencetak foto dengan ukuran maksimal 10R. Tapi jika kita ingin membuat ukuran sesuka kita misalnya A4 penuh, sah-sah saja. Aturan di atas hanya patokan untuk memudahkan kita dalam pemahaman bersama akan perbedaan ukuran foto. Sedangkan ukuran cetaknya, di setiap studio foto atau tempat percetakan foto bisa berbeda-beda. Maksud saya, Siluet FD membuat ukuran cetak 3R (3x5inch) menjadi 8,5 x 12,5 cm sementara lab foto lain mencetaknya menjadi 8 x 13 cm. Ada pertimbangan masing-masing untuk menentukan ukuran kertas pada kertas foto, baik itu untuk estetika maupun efisiensi.

Perhatikan contoh efisiensi yang didapat dari hasil riset (ciee riset) Siluet FD selama 4 tahun;

Ukuran Glossy Paper------------- Hasil Cetak
A4------------------------------------ 1x(5R) + 3x(3R) + 1x(4x6) + 3x(3x4)/5x(2x3)

Kombinasi ini bisa berubah-ubah sesuai dengan ukuran dan jumlah foto yang akan kita cetak. Intinya adalah efisiensi dengan meminimalisasi sisa kertas foto yang terbuang tetapi tetap tidak menyalahi aturan atau standar umum ukuran foto.

Itu tadi mengenai ukuran dan kertas foto. Untuk setting pada printer yang perlu diperhatikan agar ukuran hasil cetak sesuai dengan ukuran yang telah kita buat dalam photoshop adalah setting margin kiri dan atas, serta fitur borderless dan expansion-nya.

Mendapatkan angka yang tepat untuk margin kiri dan atas sangat perlu agar pencetakan foto benar-benar dimulai dari sisi terluar bidang foto. Jika tidak tepat maka foto akan terpotong atau ada bidang putih yang tidak terisi foto. Sudah jelas ini berarti antiefisiensi! Dan antiefisiensi adalah terorisme! Apa sih...?

Cara cepat memperoleh angka margin yang tepat dan penggunaan fitur borderless akan kita bahas di topik lain. Jika belum diperoleh angka margin untuk printermu tapi sudah kebelet ingin mencetak foto, lakukan saja dengan mengisi angka '0' untuk margin kiri dan atas.


Ayo mencetak....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar