Minggu, 25 September 2011

R230 Tidak Keluar Tinta Saat Printing

SUATU hari aku coba melakukan pencucian cartridge dengan cara melepasnya dari carriege. Sebelumnya aku pernah melakukannya juga beberapa kali dan hasilnya menggembirakan. Tapi hari itu ternyata jadi salah satu hari jelek dalam riwayatku tinggal di kota Bima. Sebab begitu cartridge selesai dicuci dan dipasang lagi, ternyata R230 ku tidak bisa printing apapun. Tidak segores garispun muncul pada kertas. Padahal tidak ada indikasi masalah pada cartridge yang biasa muncul pada layar monitor. Saat cleaning pun tinta bisa terbuang dengan normal. Lalu apa masalahnya?

Sejak hari itu aku memuseumkan R230 ku dan diapun bersemayam bersama misteri terbesarnya yang belum terpecahkan. Meskipun semua cara sudah aku lakukan, seperti menukar head dengan milik printer lain, mengganti kabel head berikut carriege-nya, tapi dia hanya bergeming. Tetap tak setetes tintapun jatuh pada kertas. Ya sudah akhirnya aku putuskan saja buat menyerahkan masalah ini pada waktu.

Setelah 2 tahun berlalu, dominasi R230 sebagai printer foto masih belum tergoyahkan. Meskipun dari awal aku kurang suka dengan hasil cetak R230 jika dibanding R270 atau r290. Tapi faktor ekonomisnya membuat R230 bisa bertahan sebagai printer sejuta umat cetak foto instan di setiap musim kompetisi. Hal itulah yang mempertemukanku lagi dengan mimpi terburukku dengan R230. Hari itu seseorang datang untuk mereparasi R230. Masalahnya ternyata sama dengan yang aku jumpai 2 tahun lalu dengan printerku, "R230 tidak keluar tinta saat ngeprint, mas."

Meskipun aku tidak yakin, mungkin karena gengsi, aku menyanggupi untuk memperbaikinya. Tapi bagaimana caranya, lha wong printerku saja belum bisa aku perbaiki?

Semua prosedur aku ulangi dari awal seperti yang ku buat 2 tahun lalu. Tapi tetap tidak ada keajaiban. Iya, keajaiban. Setiap orang kan butuh keajaiban dan keberuntungan. Alih-alih mendapat keajaiban, aku malah mendapat pencerahan. Betul, sesuatu yang belum aku lakukan 2 tahun lalu. Yaitu bertanya pada forum yang berisikan orang-orang baik di internet. Aku tidak melakukannya karena dulu mereka belum ada. Dan inilah hasilnya...


Ternyata masalahnya bersumber dari mainboard. Fuse nya lah yang jebol. Kalau kita bongkar bagian ini, maka akan tampak seperti gambar di atas. Kita akan menjumpai fuse ini dengan kode F2 pada sisi dalam dan F1 pada sisi luar mainboard. Silakan kamu cek saja keduanya mana yang bermasalah. Yang pasti masalah R230 tidak keluar tinta saat printing berasal dari sana. Jika sudah ketemu fuse mana yang jebol, segera ganti dengan yang baru. Tapi mungkinkah kita mendapatkannya di pasaran? Sepertinya agak susah kecuali kita menghubungi service center epson. Namun jika darurat kita semua tahu apa yang bisa kita lakukan dengan fuse. Jumper!

Disclaimer: aku tidak menyarankan pasang jumper, jadi semua risiko ditanggung sendiri.

Selesai sudah kasus x-file yang selama 2 tahun menghantuiku. Hasilnya, semua R230 sekarang bisa ngacir lagi. Omong-omong ada yang mau gak tuh sekenan R230 ku? Kalo ada silakan hubungi langsung ya :-D.

Oiya satu lagi, kemungkinan penyebab masalah ini adalah saat bongkar pasang head. Jadi pastikan printer dalam kondisi mati.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

14 komentar:

  1. salam... makasih om.. aq punya masalah yg sama nih awalnya aq bongkar head trus di ksih pembersih head tp waktu lepas head lupa matiin printernya... setelah dipasang kembali eh... malah hasil print tidak keluar sama sekali apa masalahnya juga pada fusenya? aq mau bongkar tp gk ngerti cara bongkarnya :) bisa om kasih panduan membongkarnya + gambarnya? makasih banyak om.....

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Bos .............. Semoga Tuhan selalu memberi kesehatan untuk anda agar anda terus bisa berkarya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih pencerahannya akan saya coba, kasus anda sama dengan kasus saya, mungkin ini juga hari sial saya. karena saya mengganti head beserta headnya, karena keliru memasang kabelnya, malah printer tidak keluar tinta sama sekali.
    makasih pencerahannya.
    Yusuf Sumatera Selatan

    BalasHapus
  4. mantap boss.... lanjutkan

    BalasHapus
  5. TRIMAKASIH MASSSS,,, R230 KU 2 BIJI NGANGGUR DENGAN KASUS YANG SAMA... TAPI BELUM SEMPET KUBONGKARNYA....MUDAH2AN PROBLEM SOLVE LEWAT INFO DARI BOS...

    BalasHapus
  6. mas bro kalo di printer yang canon ix4000 masalahnya sama.,,
    sdh ganti mainboard,head,purge unit tapi hasil printnya tetap kosong..,tolong solusinya,,, makasi

    BalasHapus
  7. tanya mas kalo ciri2 jebol fuse nya gimana yah. soalnya kasus ane sama dengan mas tapi mau jumper takut mainbordnya tambah mati soalnya fusenya saya lihat gak ada perubahan fisik, hitam hangus atau pecah. apa ada cara memastikan jebol tidaknya dengan alat bantu lain. mohon pencerahannya mas. sms di 085859439799

    BalasHapus
  8. permisi gan..saya jg punya masalah yang sma..tp ini masalah sedikit berbeda...memg F1 putus...tp begitu saya jamper..eh mlh print g mw idup..saya lepas lg th jamperan n print idp lg..tp tetep wkt di nozle chek g ada tanda tanda goresan tinta...berart permasalahany dimana dong...sudah 2 biji R230 yg spt it..mohon pencerahany gan..kl ada solusi tlg dong di email ke ronicepnanto@yahoo.com.....sblmny saya ucapkan terima kasih...

    BalasHapus
  9. permisi gan,,,saya juga punya masalah kayak gitu, saat mau print tidak keluar hasil,trus bawa ketukang service,katanya gak fuse nya yang rusak malahan dikatan kabel headnya yang bermasalah, yang benar printer masalahnya kayak gitu apanya yang rusak, mohon bantuannya

    BalasHapus
  10. tks bos dh bgi2 info'y, q jg pke r230, tp problem'y wktu check nozle patern sering ga smpurna, msh ada grs yg ga keprint, kl yg ky gtu problm dmn'y y bos?

    BalasHapus
  11. makasi gan atas penjelasan di atas sy jg punya r230 dengan permasalhan sy gan ti head setelah sy pasang knp saat sy print hasilnya blank gmn solusinya apakah kabel fleksinya rusak atau fusenya putus,tapi kalo head cleen msh bisa sempurna malah..?

    BalasHapus
  12. makasih boz infonya, tp ku mau tanya.... saya pernah bongkar r230 dengan kondisi nyala. trus tinta malah ndak keluar semua, trus cara agar bs keluar kembali gmn?

    BalasHapus
  13. F2 terletak di bagian belakang dekat transistor Q3

    F2 terletak di bagian belakang dekat transistor Q3

    Apabila setelah penggantian Fuse dilakukan tetapi tegangan tidak keluar ke F2, kemungkinan besar masih ada konslet sebelum F2 bisanya pada komponen Q2 , dan biasanya printer jadi tidak menyala sama sekali, karena tegangan + dari C40 yang menuju ke C transistor Q2 mengalami konslet hingga tegangan yang menuju ke F2 juga akan mengalami konslet, karena tegangan yang menuju ke F2 murni di ambil dari out F1.

    Semoga artikel kali ini bisa sedikit membantu anda yang sedang mengalami masalah diatas …

    BalasHapus
  14. mantap gan...makasih buat info nya,,,
    karna gag punya pengganti F2 nya saya berani kan njemper ternya ta hasil nya sangat memuaskan ... :D
    terimakasih sekali atas info nya.

    BalasHapus