Senin, 31 Mei 2010

Mengulang Langkah (Undo) dengan History

Tidak perlu takut salah jika bekerja di komputer. Sebab selalu ada tombol undo untuk mengulang kesalahan yang mungkin kita buat. Semua program punya tombol ajaib ini, termasuk di Photoshop. Hanya saja Photoshop punya fasilitas tambahan yaitu mampu mencatat sekitar 20 langkah terakhir dari keseluruhan yang sudah kita lakukan. Catatan ini bisa kita lihat pada window HISTORY yang ada di sebelah kanan layar.


Berbeda dengan tombol UNDO yang berada pada EDIT > UNDO, HISTORY memiliki kelebihan dimana kita bisa memilih dan mengulang langkah yang sudah kita lakukan sebanyak 20 langkah ke belakang. Jadi jika kita membuat kesalahan, kita masih memiliki 20 langkah bonus sebelum kesalahan itu tidak bisa diperbaiki lagi. Selain itu, window HISTORY ini bisa digunakan dengan fungsi History Brush dimana kita bisa memanggil kembali perubahan yang sudah kita simpan untuk diaplikasikan pada langkah terakhir. History Brush akan kita bahas pada ulasan lain, sabar, ya...

Lalu bagaimana cara menggunakan window HISTORY ini? Jika kita ingin kembali ke langkah sebelumnya, tinggal kita klik saja pada langkah yang kita inginkan. Klik lah pada kolom yang berisikan catatan langkah yang sudah kita lakukan, bukan pada kolom kecil kosong yang ada di depannya.

Cukup jelas, kan, ulasannya?

Kalau belum jelas silakan tekan undo atau pakai history untuk mengulang. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar